Rabu, 07 April 2010

Sumplemen Fe (Besi)

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Besi (Fe) merupakan mineral mikro yang paling banyak terdapat di dalam tubuh manusia dan hewan. Besi mempunyai beberapa fungsi esensial di dalam tubuh sebagai alat angkit oksigen, dari paru – paru ke jaringan tubuh, sebagai alat angkut elektron di dalam sel dan sebagai bagian terpadu berbagai reaksi enzim didalam jaringan tubuh.

kekurangan zat besi pada umumnya dapat menyebabkan pucat, rasa lemah, letih, pusing, kurang nafsu makan menurunnya kebugaran tubuh, kemampuan kerja, kekebalan tubuh dan gangguan penyembuhan luka, serta dapat menyebabkan anemia gizi.

Sedangkan kelebihan mengkonsumsinya dapat menimbulkan gejala – gejala rasa nek,muntah, diare,denyut jantung meningkat, sakit kepala, mengigaudan pinsan.

Vitamin A adalah vitamin larut lemak yang pertama ditemukan, Vitamin A mempunyai beberapa fungsi dalam tubuh yaitu yang berhubungan dengan penglihatan, di ferensiasi sel, kekebalan tubuh, pertumbuhan dan perkembangan, reproduksi, serta dapat mencegah terjadinya kanker dan penyakit jantung.

Akibat kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan gangguan atau kelainan pada mata, seperti buta senja, xerosis konjungtiva, bercak bitot dan keratomalasia. Dapat mengkibatkan infeksi perubahan pada kulit, gangguan pertmbuhan.

Sedangkan kelebihan vitamin A dapat menimbulkan gejala – gejala antara lain : sakit kepala, pusing, rasa nek, rambut rontok. Kulit mengerin, anoreksia, sakit pada tulang.

1.2 Tujuan

1. Tujuan Khusus

Ø Untuk memenuhi tugas kelompok dari mata kulia Askeb III pada mahasiswa D3 Kebidanan Semester III

2. Tujuan Umum

Ø Untuk mengetahui definisi atau pengertian suplemen Fe (Zat Besi) dan Vitamin A

Ø Untuk mengetahui sumber – sumber Fe (Zat Besi) dan Vitamin A

Ø Unutuk mengetahui akibat kekurangan dan kelebihan Fe (Zat Besi) dan Vitamin A

1.3 Rumusan Masalah

Ø Apa definisi Fe (Zat Besi) dan Vitamin A

Ø Berasal dari mana saja sumber – sumber Fe (Zat Besi) dan Vitamin A

Ø Apa saja manfaat Fe (Zat Besi) dan Vitamin A

Ø Apa akibat kekurangan dan kelebihan Fe (Zat Besi) dan Vitamin A

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Sumplemen Fe (Besi)

Besi merupakan mineral mikro yng paling banyak terdapat di dalam tubuh manusia dan hewan, yaitu sebanyk 3 – 5 gram di dlam tubu manusia dewasa. Besi mempunyai beberapa fungsi esensial di dalam tubuh. Sebagai alat angkut oksigen dari paru – paru kejaringan tubuh sebagai alat angkut elektron di dalam sel, dan sebagai bagian terpadu berbagai reaksi enzim di dalam jaringan tubuh.

2.2 Sumber Fe (Besi)

Sumber baik besi adalah makanan hewan seperti daging ayam dan ikan sumber baik besi lainnya adalah telur, kacang – kacangan, sayuran hijau dan berbagai jenis buah.

Ø Manfaat Pemberian Fe (Besi) pada ibu Nifas

· Pemberian tablet besi sebagai suplemen merupakan upaya untuk meningkatkan kadar besi (Fe) dalam jangka waktu singkat, hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya defisiensi Fe pada rutama ibu hamil yang diakibatkan karena kurangnya zat besi yang diabsorbsi tubuh melalui makanan yang mengandung besi.

· Karena pada masa nifas kebutuhan Fe meningkat pada saat melahirkan perlu tambahan Fe 300 – 350 Mg, akibatnya kehilangan darah

Ø Akibat Kekurngan Zat Besi

· Kekurangan zat besi dapat terjadi perdarahan akibat cacingan atau luka dan akibat penyakit – penyakit yang mengganggu absorpsi

· Kekurngan besi pada umumnya menyebabkan pucat, rasa lemah, letih, pusing, kurang nafsu makan, menurunnya kekebalan tubuh dan gangguan penyembuhan luka, kemampuan mengatur suhu tubuh menurun.

· Pada ibu nifas kekurangan zat besi dapat menimbulkan anemia.

Ø Akibat Kelebihan Zat Besi

· Kelebihan zat besi jarang terjadi karena makanan dapat disebabkan oleh suplemen besi, gejalanya : rasa nek, muntah, diare, denyut jantung meningkat, sakit kepala, mengigaudan pinsan.

2.3 Pengertian Vitamin A

Vitamin A salah satu zat gizi mikro yang di perlukan oleh tubuh yang berguna meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan mata

Ø Sumber Vitamin A

· Hati Sapi

· Kuning Telur

· Ayam

· Susu

· Sayuran berwarna Hijau Tua

· Buah – Buahan

Ø Manfaat Vitamin A

· Melindungi timbulnya komplikasi berat pada penyakit yang terjadi pada anak-anak

· Pada ibu menyusui vitamin A untuk memelihara kesehatan ibu selama menyusui

· Manfaat vitamin a dalam penglihatan dapat mencegah rabun senja

· Dapat menurunkan demam pada anak

Ø Akibat Kekurangan Vitami A

· Akibat kekurangan vitamin A bagi ibu nifas akan mendampak pada bayinya dapat menyebabkan berbagai penykit infeksi jika terserang diare, maka penyakit tersebut semakin parah

· Menghambat kemampuan tubuh untuk menyerap zat – zat gizi

· Mengkibatkan gangguan mata

2.4 Akibat Kelebihan Vitamin A

Kelebihan vitamin A hanya bisa terjadi bila memakai vitamin A sebagai suplemen dalam tekanan tinggi yang berlebihan gejala pada orang dewasa antara lain :

· Sakit Kepala

· Pusing

· Rasa Nek

· Rambut Rontok

· Kulit Mengering

· Tidak Ada Nafsu Makan

BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Suplemen Fe merupakan mineral makro yang paling banyak terdapat di dalam tubuh manusia dan hewan. Vitamin A merupakan salah satu zat gizi mikro yang diperlukan oleh tubuh yang berguna meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan mata.

3.2 Saran

Penulis makalah ini masih banyak kekurangan dan jauh dari sempurna untuk itu kami mengharapkan saran dari para pembaca yang sifatnya membangun guna untuk memperbaiki dan menyempurnakan makalah – makalah berikutnya.

DAFTAR PUSTAKA

Alm Atsier, Sunita, Prinsip Dasar Ilmu Gizi / Sunita Almatsier. Jakarta :

Gremedia Pustaka Utama, 2001

Sumber : helen Keller Internasional / Tom

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar