Rabu, 07 April 2010

IBU HAMIL DENGAN VARISES VULVA

BAB I

PENDAHULUAN

Kadang-kadang terjadi varises sekitar vulva yang dapat menimbukan perasaan berat atau nyeri. Varises ini kadang-kadang pecah pada kala pengeluaran karena mengejan atau karena tersinggung oleh bagian depan.

Bahaya varises dalam kehamilan atau persalinan, baik yang divulva/vagina maupun yang ditungkai, ialah kemungkinan pecahnya pembuluh darah. Selain bahaya perdarahan yang mungkin berakibat fatal, dapat pula terjadi emboli udara.

1.1 TUJUAN UMUM

Dalam pembuatan makalah ini diharapkan mampu untuk mengidentifikasi dan melakukan penanganan ibu hamil dengan varises vulva.

1.2 TUJUAN KHUSUS

- Mengetahui apa varises vulva

- Mengetahui gejala, tanda, serta faktor resiko varises vulva

- Mengetahui pencegahan dan penanganan varises vulva

1.3 RUMUSAN MASALAH

- Menjelaskan tentang varises vulva

- Obat-obatan yang di pakai untuk penanganan varises vulva

BAB II

LANDASAN TEORI

IBU HAMIL DENGAN VARISES VULVA

2.1 DEFINISI

Varises adalah pembuluh darah balik di bawah kulit atau selaput lendir (mukosa) yang melebar dan berkelok atau melingkar akibat kelamin katup dalam pembuluh dara tersebut. Biasanya varises terjadi pada tangan dan kaki, namun pada beberapa orang dapat terjadi ditempat – tempat lain seperti pada lambung, rektum (usus besar dekat anus), vagina, skrotum, dan vulva (bibir kemaluan). Gatal – gatal atau perubahan warna kulit menjadi kebiruan adalah ciri - ciri varises yang paling mudah di kenali.

2.2 GEJALA VARISES VULVA

· Biasanya si ibu atau dokter mendeteksi dengana cara meraba vulva, jika terasa ada tonjolan maka bisa dipastikan ibu hamil mengalami varises vulva.

· Ibu hamil mengeluh cepat lelah dan pusat.

2.3 FAKTOR RESIKO

Ada banyak resiko (bukan penyebab) yang dapat meningkatkan kemungkinan terjadi varises selama kehamilan yaitu faktor keturunan, kegemukan (obesitas), sikap tubuh yang salah misalnya terlalu lama duduk atau lama berdiri, penggunaan pil KB atau pengobatan dengan estrogen, pemilihan pakaian hamil yang salah, misalnya terlalu ketat, hamil lebih dari dua kali serta kehamilan diatas usia 40 tahun.

2.4 PENGARUH PADA PROSES PERSALINAN

Ibu hamil yang mengalami varises vulva / vagina, masih dapat melalui persalinan normal. Namun apabila varises pada vulva / vaginan yang di derita cukup berat, biasanya dokter menyarankan tindakan operasi sesar untuk meminimalisirkan resiko pecahnya dinding pembuluh darah akibat trauma / laserasi jalan pada saat bayi lahir. Varises vulva / vagina jika lambat terdeteksi dapat mengakibatkan perdarahan yang menyebabkan kematian si ibu.

2.5 TINDAKAN PENCEGAHAN

Hingga ini belum ada alat khusus untuk mencegah varises vulva pada ibu hamil. Namun bila ibu hamil rajin mengangkat kaki dengan cara menaruhnya diatas bantal kala tidur – tiduran, sedikit banyak bisa membantu memperlancar aliran darah. Cara ini terbukti dapat mengurangi beban yang harus ditopang kaki. Hindari penggunaan sepatu, sebaiknya dengan hak maksimal 2 cm agar aliran darah tak terlambat. Kemudian saat tidur, usahakan jangan berbaring hanya dalam satu posisi untuk menghindari tekanan pada pembuluh darah disatu tempat.

2.6 PENGOBATAN

Suntikan dengan obat – obat yang menyumbat pembuluh darah tidak dianjurkan dalam kehamilan. Dapat pula diberikan obat – obat untuk mencegah membesarnya varises. Obat – obat yang sering dipakai ialah, venoruton, dan glyvernol.

BAB III

PENUTUP

3.1 KESIMPULAN

Varises adalah pembuluh darah balik di kulit atau mukosa yamg melebar akibat kelainan katup dalam pembuluh darah. Tanda dan gejala dari varises vulva di dapat dari data subjektif atau objektif .

Obat- obatan yang dapat di berikan untuk mencegah membesarnya varises, yaitu Venoruton, Varemoid, dan Glyvernol.

3.2 SARAN DAN KRITIK

Penulis sangat mengharapkan saran dan kritik yang konstruktif dari para pembaca guna meningkatkan kualitas makalah ini di masa yang akan datang.

DAFTAR PUSTAKA

Wiknjosastro Hanifa. 2002. Ilmu Kebidanan. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka

Sarwono Prawirohardjo

Bagian Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Pajadjaran Bandung.

1984. obstetri Patologi. Bandung : Penerbit dan Percetakan ELSTAR OFFSET.

http : //www.Conectique.com/tips-solution/pregnancy/article.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar